Minggu, 25 November 2012

materi 1


Human Computer-Interface (HCI)
  • Istilah lain: man-machine interaction (MMI), computer and human interaction (CHI), dan human-machine interaction (HMI)
  • Tujuan:
    • User friendly (ramah dengan pengguna): kemampuan yang dimiliki oleh software atau program aplikasi yang mudah dioperasikan, dan mempunyai sejumlah kemampuan lain sehingga pengguna merasa betah dalam mengoperasikan program tersebut, bahkan bagi seorang pengguna pemula
    • WYSIWYG (what you see is what you get)
    • Mengurangi frustasi, ketidakamanan, dan kebingungan pada pengguna
    • Implikasi: meningkatkan kepuasan kerja dan menurunkan tingkat absensi pekerja
HCI (lanjutan)
  • Permasalahan yang muncul:
    • Programer tidak dapat memahami secara tepat penggunanya, mis: tentang keinginan dan lingkungan kerja pengguna
    • Sistem komputer mengharuskan pengguna untuk mengingat terlalu banyak informasi
    • Sistem komputer tidak memberikan ruang untuk toleransi kesalahan
    • Para pengguna berbeda dari sebelumnya
    • Para pengguna berbeda satu dengan lainnya
    • Para pengguna berbeda dari kita
  • Mulai diterapkannya GUI (Graphical User Interface)


Kriteria User Friendly
  • Memiliki tampilan yang bagus
  • Mudah dioperasikan
  • Mudah dipelajari
  • Pengguna selalu merasa senang setiap kali menggunakan software tersebut


Definisi IMK
  • Sekumpulan proses, dialog, dan kegiatan
di mana melaluinya pengguna memanfaatkan dan berinteraksi dengan komputer
  • Suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena di sekitar manusia itu sendiri
  • Suatu studi ilmiah tentang masyarakat di dalam lingkungan kerjanya
Sistem IMK
HCIS = ƒ (h,m,e,i,t)
Dimana:
HCIS = sistem manusia dan komputer
h = subsistem manusia
m = subsistem mesin
e = subsistem lingkungan
i = interaksi manusia dengan sub-sub sistem
t = waktu, lamanya interaksi terjadi
Aplikasi IMK
  • Perkantoran
  • Kendali proses
  • Penerbangan
  • Komunikasi
  • Desain pekerjaan
  • Pelatihan/seleksi
  • dll





Piranti Bantu Pengembangan Sistem
  • Pertama kali dikembangkan oleh MacApp oleh Apple pada pertengahan tahun 1980-an
  • Contoh piranti bantu lainnya: Visual dBase, Visual BASIC, Visual J++, Visual C/C++, Borland Delphi, dll
  • Keuntungan:
    • Tampilan/antarmuka yang dihasilkan menjadi lebih baik
    • Program antarmuka menjadi mudah ditulis dan lebih ekonomis untuk dipelihara

Kesalahan Mendasar Programmer
  • Desain ini memuaskan saya, berarti juga akan memuaskan setiap orang
  • Desain ini memuaskan rata-rata orang, berarti juga akan memuaskan setiap orang
  • Manusia begitu amat beragam oleh karenanya tidak ada kemungkinan antar muka yang dapat memuaskan pengguna, tetapi karena sifat manusia yang adaptif sejak awalnya, maka itu tidak akan menjadi masalah
  • Faktor ergonomi cukup mahal namun demikian produk-produk aplikasi komputer tetap terjual hanya dengan berdasarkan penampilan dan corak. Jadi pertimbangan ergonomi boleh diabaikan
  • Ergonomi merupakan gagasan yang baik. Dalam mendesain sesuatu saya menggunakan pertimbangan ergonomi namun dilakukan berdasarkan intuisi dan menyandarkannya pada selera umum, jadi kita tidak memerlukan tabel data


Tidak ada komentar:

Posting Komentar